JEMAAT BLESSING FAMILY CENTRE MINISTRY

Gembala Sidang : Pdt. Jusak Santoso JADWAL IBADAH RAYA : New Grand Park Hotel Jl. Samudra 3 - 5 Surabaya. Minggu Ibadah Raya I ~ Pk. 06.00 WIB (Disertai Penyerahan anak) Ibadah Raya Anak I (Sekolah Minggu I) ; Minggu Ibadah Raya II ~ Pk. 08.30 WIB (Disertai Penyerahan anak) Ibadah Raya Anak II (Sekolah Minggu II) ; Minggu Ibadah Raya III ~ Pk. 17.00 WIB Di Ruko Pengampon Square F-28 Jl. Semut Baru Surabaya. Minggu ketiga, Ibadah Raya I,II & III Setiap bulannya disertai dengan Sakramen Perjamuan Kudus. JADWAL KEBAKTIAN : Di Ruko Pengampon Square Blok F-28 Jalan Semut Baru Surabaya. Senin Pk. 18.30 WIB Pendalaman Alkitab. Selasa Pk. 10.00 WIB Kebaktian Kaum Wanita. Pk. 18.00 WIB Kebaktian Cabang (Jln. Tegalsari No. 62 Surabaya). Rabu Pk. 10.00 WIB Doa & Puasa. Pk. 18.30 WIB Doa Malam. Jum'at Pk. 18.00 WIB Youth Community. Pk. 22.00-04.00 WIB Doa Semalam Suntuk. Senin s/d Sabtu Pk. 04.30-05.30 WIB Doa Pagi . "Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!" (Yesaya 55:6)

RAHASIA HIDUP DALAM BERKAT TUHAN

RAHASIA HIDUP DALAM BERKAT TUHAN : 1. Berilah Hati untuk Tuhan 2. Berilah Pikiran untuk Tuhan 3. Berilah Waktu untuk Tuhan Maka akan terjadi Percaya DAPAT Pasti DAPAT (Markus 11:24) BANYAK BERDOA banyak BERKAT, SEDIKIT BERDOA berarti sedikit BERKAT, TIDAK BERDOA dipastikan tidak ada BERKAT

Kamis, 04 Maret 2010

Renungan: Kasih Kristiani: Tanpa syarat dan aktif

"Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik." (Roma 12:9)

Suatu hari saya bersama dengan seorang majelis gereja pergi ke toko buku untuk memilih dan membeli buku. Setelah beberapa puluh menit lamanya, akhirnya kami menemukan buku kami masing-masing. Ketika melihat buku yang dibeli oleh beliau, secara spontan saya berkata: "Tukarkan saja buku itu, sampulnya cacat. Kan, masih banyak yang lain."

Jawaban majelis tersebut menyentak saya, katanya lembut: "Biar saya mendapat yang kurang baik, supaya orang lain mendapat yang lebih baik." Ingatan akan peristiwa itu masih membekas sampai sekarang. Kasih kita kerap tergantung kepada kondisi dan syarat yang kita buat sendiri, dan bersifat reaktif atau menunggu. "Saya akan menolong kalau saja dia juga menolong saya." "Saya akan mengampuni kalau dia minta maaf lebih dulu." dst.

Tetapi puji Tuhan! karena Allah tidak demikian. Allah mengasihi kita bukan karena kita ini baik, suka menolong, rajin melayani, dan lain-lain. Bukan karena kualitas yang ada dalam diri kita. Siapakah kita sebelum diselamatkan oleh Tuhan? Kita adalah bagian dari dunia berdosa, yang sudah bobrok dan dikuasai oleh dosa. Pendek kata, kita sama sekali tidak mempunyai kelayakan untuk dikasihi Allah. Kita selalu melawan dan tidak taat kepada Allah tetapi Allah mengasihi dan mengampuni kita bahkan sebelum kita memintanya.

Rasul Paulus memberikan nasihat kepada kita pada zaman ini untuk menyatakan kasih sebagaimana yang diteladankan Kristus. Beberapa contoh kasih dalam kehidupan nyata dipaparkan oleh Paulus. Kasih kristiani haruslah tulus, tidak berbuntut atau bertujuan untuk keuntungan diri. Kasih mendahulukan kepentingan orang lain, tidak mencari menang sendiri. Kasih memberi pertolongan kepada mereka yang membutuhkan. Kasih itu ramah dan menerima orang lain dengan hangat (hospitable). Kasih membalas kejahatan dengan kebaikan. Kasih itu hidup berdamai satu dengan yang lain.

Kasih kristiani tidak tergantung kepada objek kasih. Satu-satunya syarat kasih sejati adalah mengasihi tanpa syarat. William Barclay mengungkapkan kebenaran ini dengan gamblang: "Kita harus memperhatikan dengan sungguh-sungguh kata yang dipakai dalam etika Kristen untuk kasih. Kata itu adalah agape. Kata itu berarti sebuah itikad baik yang tidak terkalahkan; kata itu berarti bahwa tidak perduli apa yang orang lain perbuat terhadap kita, kita tidak akan pernah berada di dalam kondisi apapun di mana kita tidak mengusahakan kebaikan untuk orang tersebut."

Kasih kristiani juga adalah kasih yang aktif, bukan reaktif. Terlebih lagi, kasih tidak akan membuat seseorang yang dikuasainya terlena dalam sikap yang pasif, kasih itu laksana mata air yang terus mengeluarkan air. Senantiasa memelihara kepekaan akan kebutuhan orang lain dan berusaha sekuatnya untuk memberi kebaikan. Amy Carmichael berkata, "Anda bisa memberi tanpa mengasihi, tapi Anda tidak bisa mengasihi tanpa memberi." (Yuzo Adhinarta)

Sumber http://www.facebook.com/l/b0947;www.terangdunia.com/index.php?option=com_content&view=article&id=405:-kasih-kristiani-tanpa-syarat-dan-aktif&catid=61:yuzo-adhinarta&Itemid=98

BLESSING FAMILY CENTRE MINISTRY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar