JEMAAT BLESSING FAMILY CENTRE MINISTRY

Gembala Sidang : Pdt. Jusak Santoso JADWAL IBADAH RAYA : New Grand Park Hotel Jl. Samudra 3 - 5 Surabaya. Minggu Ibadah Raya I ~ Pk. 06.00 WIB (Disertai Penyerahan anak) Ibadah Raya Anak I (Sekolah Minggu I) ; Minggu Ibadah Raya II ~ Pk. 08.30 WIB (Disertai Penyerahan anak) Ibadah Raya Anak II (Sekolah Minggu II) ; Minggu Ibadah Raya III ~ Pk. 17.00 WIB Di Ruko Pengampon Square F-28 Jl. Semut Baru Surabaya. Minggu ketiga, Ibadah Raya I,II & III Setiap bulannya disertai dengan Sakramen Perjamuan Kudus. JADWAL KEBAKTIAN : Di Ruko Pengampon Square Blok F-28 Jalan Semut Baru Surabaya. Senin Pk. 18.30 WIB Pendalaman Alkitab. Selasa Pk. 10.00 WIB Kebaktian Kaum Wanita. Pk. 18.00 WIB Kebaktian Cabang (Jln. Tegalsari No. 62 Surabaya). Rabu Pk. 10.00 WIB Doa & Puasa. Pk. 18.30 WIB Doa Malam. Jum'at Pk. 18.00 WIB Youth Community. Pk. 22.00-04.00 WIB Doa Semalam Suntuk. Senin s/d Sabtu Pk. 04.30-05.30 WIB Doa Pagi . "Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!" (Yesaya 55:6)

RAHASIA HIDUP DALAM BERKAT TUHAN

RAHASIA HIDUP DALAM BERKAT TUHAN : 1. Berilah Hati untuk Tuhan 2. Berilah Pikiran untuk Tuhan 3. Berilah Waktu untuk Tuhan Maka akan terjadi Percaya DAPAT Pasti DAPAT (Markus 11:24) BANYAK BERDOA banyak BERKAT, SEDIKIT BERDOA berarti sedikit BERKAT, TIDAK BERDOA dipastikan tidak ada BERKAT

Kamis, 28 Januari 2010

HARI DEPAN YANG PENUH HARAPAN ( BAGIAN KETIGA)

HARI DEPAN YANG PENUH HARAPAN ( bagian ketiga/selesai)
(Property, By. Pdt.Agustina Panjaitan/Saiya, S.Th)
===============================================================
Sekalipun jalan didepanmu naik, turun, namun akhir (endingnya) akan BAIK. Hari depan kita adalah hari yang penuh harapan bersama dengan TUHAN.
Firman Tuhan berkata: ”sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari
(Mat 6:34) Besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”

Perhatikan kalimat ”kesusahan sehari cukuplah untuk sehari” yang menurut bahasa aslinya ”arketon te hemera he kakia autes” diterjemahkan menjadi: ”keburukan untuk sehari adalah cukup” atau ”persoalan untuk hari inipun sudah cukup.

Yang dikatakan Tuhan Yesus disini adalah agar kita jangan mencoba mengatasi kesusahan masa depan/hari depan, melainkan agar kita mengatasi kesusahan masa kini. Kalau persoalan hari ini sudah sulit kita tangani, bagaimana kita mau menangani persoalan hari esok /hari depan. Sebab hari depan kita ada dalam RANCANGAN TUHAN. Hadapilah dan jalanilah apa yang ada didepan sekarang ini....!! SANG PERANCANG kita yang AJAIB ia yang akan merancang masa depanmu, jika Anda mau menyerahkan seluruh hidup Anda kepadaNya.

Persoalan hari depan terletak diluar jangakauan kita, karena persoalan hari depan ada dalam tangan TUHAN/ ada dalam RANCANGAN TUHAN. Hari depanmu yang penuh harapan, karena hari depanmu adalah KESEJAHTERAAN.
• Tidak usah merisaukan apa nanti kita mempunyai uang untuk biaya sekolah anak-anak dhari depan, jalanilah apa yang ada padamu sekarang ini.
• Tidak usah merisaukan apap nanti sakitku akan merenggut hari depanku, jalanilah apa yang ada padamu dengan TUHAN
• Tidak usah merisaukan apa nanti aku bisa mendapatkan pekerjaan dihari depanku, jalanilah apa yang anda perbuat hari ini.

Percayalah.....masih ada harapan untuk hari depanmu... jadi jangan kuatir tentang hari depanmu. Sekalipun harimu penuh penderitaan. Tuhan sedang MERANCANG merancang kehidupanmu. Karena Dia SANG PERANCANG yang luar biasa.

Jadi jangan kuatir untuk hari depanmu, lebih baik hari ini kita berbuat sesuatu untuk Tuhan dan jalani bersama dengan Tuhan. Yesus berkata: tetapi carilah dahulu kerjaan Allah dan kebenarannya...(mat 6:33). Artinya tempatkan diri kita (termasuk pikiran dan orientasi) kita dibawah pemerintahan atau kehendak Allah, yaitu taati Allah.

Yesaya 55:8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
Ada satu tokoh di Alkitab yang lebih memilih mengikuti rancangan Tuhan walaupun karena itu dia harus sangat menderita. Namanya Yusuf. Yusuf adalah anak yang paling dikasihi Yakub. Dalam kehidupan sehari-hari Yakub senantiasa memberikan yang terbaik kepadanya. Bahkan ia mendapatkan jubah maha indah yang tidak di dapatkan oleh saudara-saudaranya yang lain. Tuhan mempunyai rencana yang besar buat Yusuf dan Yusuf tahu akan hal itu karena Tuhan menyatakannya melalui mimpi-mimpi. Namun untuk rencana besar itu Yusuf harus mengalami proses yang sangat menderita. Dia harus meninggalkan zona nyaman dan turun kedalam zona penderitaan. Pertama ia dijual menjadi budak, Setelah menjadi budak Yusuf harus turun lagi kepada penderitaan yang lebih dalam yaitu menjadi tahanan, ia ditahan karena suatu kesalahan yang tidak dilakukannya. Menyakitkan sekali bukan? Namun tidak ada satu ayatpun yang saya temukan di Alkitab Yusuf bersungut-sungut. Ia tidak menyalahkan siapa-siapa. Ia tidak menyalahkan saudara-saudaranya apalagi menyalahkan Tuhan. Saya yakin Yusuf bisa berbuat begitu karena ia menyadari bahwa ia sedang berada dalam rencana Tuhan dan Tuhan sedang mempersiapkan dia untuk suatu rencana yang besar yaitu menyelamatkan keturunan Israel. Memang benar ia berada dalam rencana Tuhan, karena setelah itu ia diangkat menjadi penguasa atas Mesir dan dengan demikian ia dapat menyelamatkan kaum keturunan ayahnya dari bahaya kelaparan yang sedang melanda dunia.
Ayat ini menguatkan keyakinan saya bahwa Yusuf menyadari sejak awal bahwa Tuhan punya rancangan besar
Bagaimana dengan kita,?
Saudaraku, Tuhan punya rencana yang indah buat kehidupan kita. Saya tidak tahu apa rencana Tuhan untuk saudara, namun satu hal yang pasti bahwa rencana Tuhan tidak merancangkan rencana kecelakaan melainkan rencana yang damai sejahtera yaitu masa depan yang penuh harapan. (Yeremia 29:11). Amin.
Rencana Tuhan buat Hari depanmu (masa depanmu) adalah:
DAMAI SEJAHTERA DAN BUKAN KECELAKAAAN
Damai sejahtera dalam bahasa Ibrani kata yang dipakai adalah:
shalowm (shaw-lome)
artinya: @ Sempurna

Allah mau hari depanmu/masa depanmu itu sempurna, jika kita ada dalam jalur rencana Tuhan. Serahkan pada Tuhan segala cita-citamu dan masa depanmu. Biarlah kita menjadi terang-Mu ditengah-tengah dunia ini. Dan jadilah kehendak-Mu didalam kehidupan kami.
DAN BUKAN KECELAKAAN

Dan bukan kecelakaan dalam bahasa Ibrani kata yang dipakai adalah:
ra’ (rah)
artinya: @ Perbuatan tidak adil @ sesal
@ kerugian/hinaan @ bencana
@ luka
@ dukacita
@ kesengsaraan
untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
nathan (naw-than) Ti tiqvah {tik-vaw'}
artinya: @ meletakkan artinya: memberi harapan besar
@ menempatkan
@ resmi
'achariyth {akh-ar-eeth'}
artinya: @ sehari ke sehari
@ seorang demi seorang
===============================================================

PENERAPAN:
Percayalah bahwa hari depan yang penuh harapan, berjalanlah bersama dengan tuhan. Dan nikmatilah berkat-berkat yang besar yang tuhan sudah rancangkan untuk kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar