JEMAAT BLESSING FAMILY CENTRE MINISTRY

Gembala Sidang : Pdt. Jusak Santoso JADWAL IBADAH RAYA : New Grand Park Hotel Jl. Samudra 3 - 5 Surabaya. Minggu Ibadah Raya I ~ Pk. 06.00 WIB (Disertai Penyerahan anak) Ibadah Raya Anak I (Sekolah Minggu I) ; Minggu Ibadah Raya II ~ Pk. 08.30 WIB (Disertai Penyerahan anak) Ibadah Raya Anak II (Sekolah Minggu II) ; Minggu Ibadah Raya III ~ Pk. 17.00 WIB Di Ruko Pengampon Square F-28 Jl. Semut Baru Surabaya. Minggu ketiga, Ibadah Raya I,II & III Setiap bulannya disertai dengan Sakramen Perjamuan Kudus. JADWAL KEBAKTIAN : Di Ruko Pengampon Square Blok F-28 Jalan Semut Baru Surabaya. Senin Pk. 18.30 WIB Pendalaman Alkitab. Selasa Pk. 10.00 WIB Kebaktian Kaum Wanita. Pk. 18.00 WIB Kebaktian Cabang (Jln. Tegalsari No. 62 Surabaya). Rabu Pk. 10.00 WIB Doa & Puasa. Pk. 18.30 WIB Doa Malam. Jum'at Pk. 18.00 WIB Youth Community. Pk. 22.00-04.00 WIB Doa Semalam Suntuk. Senin s/d Sabtu Pk. 04.30-05.30 WIB Doa Pagi . "Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!" (Yesaya 55:6)

RAHASIA HIDUP DALAM BERKAT TUHAN

RAHASIA HIDUP DALAM BERKAT TUHAN : 1. Berilah Hati untuk Tuhan 2. Berilah Pikiran untuk Tuhan 3. Berilah Waktu untuk Tuhan Maka akan terjadi Percaya DAPAT Pasti DAPAT (Markus 11:24) BANYAK BERDOA banyak BERKAT, SEDIKIT BERDOA berarti sedikit BERKAT, TIDAK BERDOA dipastikan tidak ada BERKAT

Kamis, 05 November 2009

MAKNA DIBALIK KATA SHALOM

Lukas 10:5-6
"Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu : Shalom bagi rumah ini. Dan jikalau disitu ada orang yang layak menerima Shalom (anak damai : terjemahan bahasa Inggris), maka salam mu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salam mu itu kembali kepadamu".

"Anak Damai" adalah sebuah idiom yang tidak ada dalam bahasa lain selain Ibrani. Apa maksud perkataan ini ?
Beberapa terjemahan bahasa Inggris lainnya : mengartikan kata ini sebagai "pencinta damai:, tetapi bukan itu arti dari idiom Ibrani, "Anak Damai" diatur.

Telah dijelaskan , bahwa "Anak" dalam bahasa Ibrani memiliki arti yang luas : "Anak rumah" mencakup juga sahabat yang telah dianggap seperti anggota keluarga; "anak kematian (1 Samuel 20:31) ada seseorang yang harus mati / telah dikutuk untuk mati, "Anak bekinom : seseorang yang diajak bercakap-cakap. Dan masih banyak lagi idiom-idiom dalam bahasa Ibrani yang menggunakan kata "Anak"

"Anak Damai" tidak menunjuk kepada orang-orang yang cinta damai (maupun bisa jadi orang itu demikian) tetapi lebih kepada orang yang ramah, dapat bergaul dengan semua orang. Orang seperti ini adalah orang yang suka akan keharmonisan, berkelakuan baik dan mengasihi semua orang, memiliki sifat seperti yang dimiliki almarhum Will Rogers, yang mengatakan, "tidak ada orang yang tidak saya sukai" jadi "Anak Damai" adalah : seseorang yang baik hati, murah hati dan suka menolong.

Yesus memerintahkan murid-muridnya untuk memberkati keluarga orang-orang yang demikian. Mereka boleh tinggal di rumah tersebut selama mereka ada di kota itu, sehingga mereka tidak perlu berpindah-pindah rumah. Artinya, jika mereka tidak menemukan "Anak Damai" maka mereka boleh pindah ke rumah lain.

Lukas 10:5-6, jika kita menerjemahkannya secara bebas: "jika kamu diundang ke sebuah rumah, maka pertama-tama kamu harus mengucapkan "salam kepada keluarga disini", biarlah berkat "damai" yang kau ucapkan ketika masuk ke rumahnya tinggal bersama keluarganya. Jika ia tidak menyambutmu dengan ramah, tarik kembali berkatmu (dan pindah ke rumah lainnya)

"Damai atas keluarga ini" merupakan perkataan berkat, yaitu berkat "Shalom" atau "Dama Sejahtera".

"Shalom" dalam bahasa Ibrani hanya diartikan "damai sejahtera" dalam bahasa lain, padahal "Shalom" dapat berarti "aman", seperti yang digunakan dalam Lukas 11:21 "Apabila seseorang yang kuat dan yang lengkap bersenjata menjaga rumahnya sendiri, maka Shalom (amanlah) segala miliknya".
Murid Yesus memberkati tuan rumahnya dengan rasa aman, selama murid tersebut tinggal di tempat tersebut, tuan rumah beserta seluruh keluarganya, dan seluruh harta kepunyaannya aman.

"Shalom" juga besa berarti "kesehatan". Murid Yesus yang menumpang di sebuah rumah memberkati tuan rumahnya dengan kesehatan tuan rumahnya dari kecelakaan dan sakit penyakit. Sebagai tambahan, karena setiap murid menyembuhkan orang yang sakit di berbagai tempat yang mereka datangi, maka kita dapat berasumsi bahwa anggota keluarga yang sakit di rumah tumpangannya juga akan disembuhkan.
Berkata yang itu bukan hanya kata-kata kosong belaka, dia memiliki berkat yang nyata dan dapat dihitung upah karenanya (Lukas 10:7).

Berkat yang diperintahkan Yesus kepada murid-muridNya untuk disampaikan adalah : berkat yang sama diberikan oleh para tua-tua "Shalom" kepadamu, Shalom kepada seluruh isi rumahmu (keluargamu), dan Shalom kepada seluruh kepunyaanmu.


Tuhan memberkati

Blessing Family Centre

Tidak ada komentar:

Posting Komentar