JEMAAT BLESSING FAMILY CENTRE MINISTRY

Gembala Sidang : Pdt. Jusak Santoso JADWAL IBADAH RAYA : New Grand Park Hotel Jl. Samudra 3 - 5 Surabaya. Minggu Ibadah Raya I ~ Pk. 06.00 WIB (Disertai Penyerahan anak) Ibadah Raya Anak I (Sekolah Minggu I) ; Minggu Ibadah Raya II ~ Pk. 08.30 WIB (Disertai Penyerahan anak) Ibadah Raya Anak II (Sekolah Minggu II) ; Minggu Ibadah Raya III ~ Pk. 17.00 WIB Di Ruko Pengampon Square F-28 Jl. Semut Baru Surabaya. Minggu ketiga, Ibadah Raya I,II & III Setiap bulannya disertai dengan Sakramen Perjamuan Kudus. JADWAL KEBAKTIAN : Di Ruko Pengampon Square Blok F-28 Jalan Semut Baru Surabaya. Senin Pk. 18.30 WIB Pendalaman Alkitab. Selasa Pk. 10.00 WIB Kebaktian Kaum Wanita. Pk. 18.00 WIB Kebaktian Cabang (Jln. Tegalsari No. 62 Surabaya). Rabu Pk. 10.00 WIB Doa & Puasa. Pk. 18.30 WIB Doa Malam. Jum'at Pk. 18.00 WIB Youth Community. Pk. 22.00-04.00 WIB Doa Semalam Suntuk. Senin s/d Sabtu Pk. 04.30-05.30 WIB Doa Pagi . "Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!" (Yesaya 55:6)

RAHASIA HIDUP DALAM BERKAT TUHAN

RAHASIA HIDUP DALAM BERKAT TUHAN : 1. Berilah Hati untuk Tuhan 2. Berilah Pikiran untuk Tuhan 3. Berilah Waktu untuk Tuhan Maka akan terjadi Percaya DAPAT Pasti DAPAT (Markus 11:24) BANYAK BERDOA banyak BERKAT, SEDIKIT BERDOA berarti sedikit BERKAT, TIDAK BERDOA dipastikan tidak ada BERKAT

Senin, 01 Maret 2010

Kamu Tidak Akan Selesai Mengunjungi Kota-kota Israel

Ucapan Yesus Yang Sulit, 25 :

Matius 10:5-15, 16-23

10:5 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,
10:6 melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.
10:7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.
10:8 Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.
10:9 Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu.
10:10 Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.
10:11 Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat.
10:12 Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka.
10:13 Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.
10:14 Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.
10:15 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu."

10:16 "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.
10:17 Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya.
10:18 Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.
10:19 Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga.
10:20 Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.
10:21 Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka.
10:22 Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.
10:23 Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.


Ini adalah pengutusan Yesus kepada 12 orang muridNya, ketika ia mengutus mereka pergi berdua-dua. Pengutusan kepada 12 murid, sebagaimana disebut dalam matius 10:5-15, 6-23 mempunyai 2 bagian, masing-masing dengan sudut pandangnya sendiri-sendiri :
- Bagian yang pertama (ayat 5-15) berkenaan dengan situasi yang s egera terjadi dalam konteks pelayanan Tuhan Yesus di Galilea.
- Bagian yang kedua (ayat 16-23) menggambarkan masa yang akan datang, ketika para rasul terlibat dalam pelayanan yang lebih luas, pelayanan pada masa antara Kebangngkita Tuhan Yesus dan dicurahkannya Roh Kudus.

Pada bagian ke-2 ini, perhatikan peringatan : "Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya.Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah" (Matius 10:18 ). Bagian ini menunjukkan suatu kontras dengan apa yang tersebut dalam ayat 5, dimana orang-orang kafir (non Yahudi) tidak termasuk dalam tujuan penginjilan yang pertama. Peringatan yang baru saja dikutip mempunyai kemiripan dengan apa yang dicatat oleh Markus 13:9-10, dimana situasinya mengarah kepada kehancuran Yerusalem pada tahun 70 Masehi dan seterusnya.


* Markus 13:9-10
13:9 Tetapi kamu ini, hati-hatilah! Kamu akan diserahkan kepada majelis agama dan kamu akan dipukul di rumah ibadat dan kamu akan dihadapkan ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja karena Aku, sebagai kesaksian bagi mereka.
13:10 Tetapi Injil harus diberitakan dahulu kepada semua bangsa.


Dalam kedua perikop, peringatan itu diikuti oleh keyakinan bahwa bila para murid menghadapi pencobaan dan diminta untuk menyaksikan iman mereka, Roh Kudus akan mengaruniakan kata-kata yang tepat. Perikop yang sejalan dalam Injil Markus mempunyai pernyataan yang sama, yaitu meskipun perlu penjelasan yang lebih eksplisit tentang penginjilan terhadap orang orang kafir (non Yahudi) sebagaimana terhadap orang-orang Yahudi; sebelum masanya berakhiir "Injil harus diberitakan dulu kepada semua bangsa" (Markus 13:10). Pernyataan ini juga dicatat dalam bentuk yang lebih jelas dalam Matius 24:14 "Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya". Paulus, dalam sudut pandangnya, menyatakan harapan yang sama kerika ia menyatakan ekselamatan "seluruh Israel" sebagai kelanjutan bila jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain yang telah masuk, menjadi sempurna pada saat "Penebus akan datang dari Zion" (Roma 11:25-27).


Pada bagian kedua dari pengutusan dalam Matius pasal 10 ini, disimpulkan dalam ayat 23 : "Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang".

Kalau begitu apakah artinya pernyataan itu dalam konteks ini?

Artinya sederhana saja, yaitu penginjilan bagi Israel tidak akan selesai sebelum akhir zaman ini, yang tiba dengan kedatangan Anak Manusia. Kita tahu bahwa sampai sekarangpun sebagian besar orang Israel masih menolak Tuhan Yesus sebagai Kristus. Mereka masih menanti-nantikan Mesias/ Kristus (yang lain) hal ini cukup menjadi tanda bahwa penginjilan bagi Israel memang belum selesai.

Sumber :
FF Bruce, Ucapan Yesus yang Sulit, SAAT Malang, p 110 – 113
www.sarapanpagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar